Kamis, 08 November 2012

Ucapan-Ucapan Ringan Yang Termasuk Dosa Besar


Ucapan Ringan yang Termasuk Dosa Besar dalam Tinjauan al-Qur’an dan as-Sunnah

Judul: Ucapan-Ucapan Ringan yang termasuk Dosa Besar dalam Tinjauan al-Qur'an dan as-Sunnah
Penulis: DR. Said bin Ali bin Wahf Al-Qahthanni
Penerbit: al-Qamar Media
Ukuran: buku sedang, 14,5 x 20,5 cm, 220 hal, doff, soft, shrink

Ucapan-Ucapan Ringan Yang Termasuk Dosa BesarRasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah berwasiat kepada Mu'adz bin Jabal untuk menjaga lisannya dan menjaga ucapan yang dia keluarkan. Karena Lisan bisa menyebabkan seseorang tersungkur ke neraka jahannam. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang berucap dengan satu kata yang mendatangkan murka Allah maka dia akan dilempar ke dalam api Jahannam yang sangat dalam." Begitu mudahnya seorang berucap, tanpa tersadar apakah ucapan yang dikeluarkan mendatangkan ridha Allah atau sebaliknya mendatangkan murka Allah. Dan begitu dahsyatnya adzab yang ditimpakan kepada seorang hamba yang tidak menjaga lisannya. Marilah kita bertanya kepada diri-diri kita, sudahkan kita mengucapkan ucapan-uacpan yang baik? Sudahkan kita menjaga lisan dan ucapan kita dari perkara-perkara yang akan mendatangkan murka Allah? Disebabkan bahaya ucapan lisan, tentunya kita harus mengetahui ucapan apa saja yang bisa mendatangkan murka Allah yang wajib untuk kita tinggalkan. Sehingga kita bisa memilih mana ucapan-ucapan yang baik dan ma ucapan-ucapan yang harus ditinggalkan.


Dosa besar yang dilakukan oleh manusia yang paling mudah dilakukan adalah dosa yang muncul dari lisan, siapapun mereka; yang berilmu maupun tidak berilmu dengan mudahnya terjerumus kedalam dosa besar yang dilakukan oleh lisan. Dan bukan saja dosa besar yang dilakukan oleh lisan-lisan manusia, bahkan sekian dosa-dosa lisan dengan sangat mudahnya untuk diucapkan.
Tentunya perkara-perkara tersebut kita harus mempelajarinya dan mengetahui cara-cara yang tepat dan cepat untuk mengobatinya bersama dengan meminta pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta`ala. Dan telah dinyatakan oleh Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bahwasannya seorang muslim yang hakiki adalah seorang muslim yang mana saudaranya yang lain merasa aman dari lisannya. Akan tetapi kenyataanya tidak demikian, sungguh sangat sulit seorang hamba untuk menjaga lisannya. Sampai-sampai digambarkan, seorang yang berilmu saja yang amalan luarnya terbebas dari dosa, akan tetapi lisannya berucap dengan ucapannya yang akan menyungkurkan dia ke dalam neraka. Oleh karena itu marilah wahai saudaraku sejenak kita membaca penjelasan dalam buku ini, sehingga kita mengetahui mana saja ucapan yang tidak diridhai Allah subhanahu wa ta`ala, mana saja  yang termasuk dosa besar atau dosa kecil, bagaimana mengobati penyakit lisan tersebut dengan cepat dan tepat, dan secara lengkap anda bisa membacanya dalam buku ini…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar